Ke temuan yuh…
Hayuh, Nas, saiki piben carane OMK
bisa Beriman, Berkumpul, Belajar, dan Berkembang Bersama; sesuai tema temu mini
2014 ini?
Hmmm… yen aku sih memodifikasi
tema kuwe dadi “Berkumpul, belajar, beriman, dan berkembang bareng” dadi
ngumpul dhisist, trus sinau bareng dalam terang iman supaya bisa berkembang
bareng-bareng. Tapi ora patiya prinsip sih kuwe.
Terserah kowen lah Nas, sing
penting piben kuwe carane OMK bisa ngumpul, sinau, beriman lan berkembang
bareng-bareng.
Kita molai saka ngumpul dhisist
ya. Lai, donge OMK ngumpul-ngumpul kuwe tujuanne apa sih? Hayo apa coba?
Hmmm… ya kumpul-kumpul lah,
Nas.
Iya kumpul kuwe mestine ana
tujuan atau manfaate, yen laka, ngapain OMK pada kumpul-kumpul. Kira-kira
tujuan atau manfaate apa ya?
Bisa jadi nggo bersosialisasi,
trus aktualisasi diri, pengembangan, nyalurna hobi, pokokke macem-macem lah
Nas, termasuk barangkali nggo usaha nggolet jodoh sing seiman.
Nah,
yen wis ngerti ana tujuanne artine ana perkembangan. Yen seneng ngumpul tapi
belih ngerti tujuanne ya ironis kuwe. Artine tujuan OMK ngumpul itu kita
sepakat ana macem-macem ya, Lai.
Iya
Nas. Tapi aku pernah krungu, bahkan sering mendengar keluhan betapa sulitnya
ngumpulkan OMK untuk berkegiatan. Kowen duwe solusine?
Enyong
pan cerita ya.
Seorang pendamping
omk paroki pernah berujar pada saya, “Dulu untuk ngumpulkan 10 OMK saja” susah
sekali, sekarang untuk membubarkan 10 OMK dari pastoran sulit sekali” Konteks
pernyataan tersebut adalah ketika sekitar 2 tahun sebelumnya kondisi OMK kurang
berkembang. Ada memang kepengurusannya, namun program tidak terlaksana dengan
lancar. Tiap ada kegiatan, yang datang minim, padahal potensi OMKnya banyak.
Beberapa pengurus dan penggeraknya pun agak tersendat-sendat dalam
berkomunikasi; kalau bukan dikatakan kurang harmonis. Kondisi yang paling
diprihatini adalah sedikitnya kuantitas/ jumlah omk yang terlibat ketika
diadakan suatu acara bersama.
Tahun
2012, sang pendamping berinisiatif melaksanakan suatu latihan kepemimpinan bagi
para pengurus dan aktivis OMK, di mana saya juga terlibat di dalamnya sebagai salah
satu fasilitator. Latpim selama 3 hari 2 malam itu berlangsung seru. Tapi saya
nggak akan cerita proses lengkapnya, selain panjang kisahnya, tema kita kali
ini kahan bukan tentang latpim.
Ora crita ya ora apa-apa ka Nas
Singkat
cerita, usai latpim yang bertujuan membuat kepengurusan lebih harmonis, OMK tersebut
lalu berdinamika lagi di parokinya.
Beberapa
bulan lalu saya ketemu lagi dengan sang pendamping OMK, nah pada saat itulah
ungkapan “Dulu untuk ngumpulkan 10 OMK saja” susah sekali, sekarang untuk
membubarkan 10 OMK dari pastoran sulit sekali” terlontar. Saat ini omk lebih
dinamis dengan kepengurusan yang jauh lebih solid. Pertemuan-pertemuan pun
dihadiri lebih banyak omk. Ketika sedang ngumpul merencanakan suatu kegiatan di
sekretariat OMK, pengurus/ panitia justru susah untuk “dibubarkan” atau
dipulangkan. Hadeeehhh…. Gimana ini?
Wah menarik nemen kuwe, berarti
supaya OMK gampang ngumpul, mereka perlu dilatpim ndhisit kaya kuwe?
Ya ora kaya kuwe nemen sih
persisse. Itu salah satu momen edukasi bae, Lai.
Dadi, piben dong solusine, Nas.
Uwong ngumpul kuwe sebenerre ana
satu syarat bae, Lai. Kowen ngerti belih apa syaratte beberapa wong gelem
ngumpul bareng?
Hmmm…. Apa ya syaratte. Apa
syaratte karena ada keinginan untuk ngumpul ya Nas?
Bisa jadi, tapi kuwe dudu syarat
sing mendasar. Sing luwih mendasar itu karena mereka punya kesamaan, dan
kesamaan tersebut mendorong mereka untuk dengan sukarela ngumpul-ngumpul.
Contohe piben kuwe, Nas?
Misalle an rombongan wong sing
numpaki sepeda onthel malem minggu pada kumpul, kongkow bareng neng alun-alun,
terus konvoi keliling kota. Kira-kira mereka kuwe persamaane apa, Lai?
Pada-pada seneng karo sepeda
onthel
Bener, pinter nemen sih kowen.
Trus contoh lain, ana konser Iwan
Fals, kok akeh nemen sing pada ngumpul nonton konser kuwe; persamaanne apa?
Ya jelas lah mereka pada-pada
pengen nonton konser iwan fals, kaya kuwe bae ditakonna Nas, Nas.
Lha justru dari hal sederhana
kuwe Lai, persoalan OMK sing susah ngumpul bisa terurai.
Maksudde? OMK dikon nonton
konser Iwan Fals ndisit, ben seneng kumpul, Nas?
Hadhuuhhh… kowen ketonne tambah
error setelah jatuh kepleset tadi ya. Dudu kaya kuwe Lai. Maksudde, ben pada
bisa ngumpul, OMK kudu duwe sesuatu sing dirasa dan dipikir sama. Kaya
kuweeeee…. Mudheng?
Oh, mudheng enyong. Dengan kata
lain OMK susah ngumpul kuwe karena merasa blm ada persamaan diantara mereka?
Lebih kurang kaya kuwe lah Lai.
Makane solusine ya pertama nggawe beberapa persamaan diantara mereka ndhisit.
Coba-kira-kira yen OMK neng suatu paroki persamaanne apa bae Lai?
Sing jelas ya sama-sama satu
paroki. Trus usiane relatif sama, sekitar SMA apa kuliah. Persamaan liyane apa
yaaa….
Itulah seni pendampingan Lai,
kita bisa menganimasi persamaan pada OMK, selain yang tadi itu. Sing mau khan
memang sudah pada dasarnya.
Sing liyane apa misalle, Nas?
Misalle, sama-sama pengen lebih
mengembangkan potensine. Sama-sama pengin belajar tentang katolisitas.
Sama-sama pengen menyalurkan hobine. Sama-sama pengen nduwe jaringan pertemanan
sing sehat lan bermanfaat. Dan lain sebagainya, Lai. Jadi berbagai persamaan
itu memang bisa dikondisikan.
Tapi nggo mengkondisikan kaya
kuwe khan perlu trik maning, Nas.
Bener, perlu trik, makane kusebut
bisa dikondisikan. Carane ya macem-macem sesuai kreativitas pengurus OMK,
pendamping, atawa DPPne. Tapi ora usah dibahas neng kene ya, mengko
kedawan-dawan.
Sing prinsip sih supaya OMK gelem
ngumpul, coba ciptakanlah rasa persamaan akan suatu atau beberapa hal. Makin
lekat rasa persamaan itu, kujamin nggo ngumpul makin gampang, percayalah.
Nah, trus tentang latpim tadi
itu, piben konteks-e?
Salah sijine sama-sama pernah
“menderita’ dalam latpim selama 3 hari 2 malam. Itu salah satu persamaan
mereka, Lai. Itu di luar cerita konten latpimnya sendiri lho. Dengan persamaan
itu ditambah konten materi latpimme sendiri, mudah-mudahan akan mempercepat OMK
supaya lebih mudah untuk ngumpul.
Wah, sip deh. Enyong dadi duwe tips maning kyeh nggo mbantu pendamping ngumpulna OMK. Eh, enyong pernah dengar lho Nas orang tua yang dengan agak sinis menyangsikan, “Memang beda sih OMK jaman sekarang dengan Mudika jaman saya dulu. Dulu yang namanya Mudika itu , bla bla bla…… “Bisa panjang ceritanya kalo diteruskan
Kaya kuwe ya, Lai. Kemungkinan
ungkapan itu muncul dari seseorang yang mencoba membandingkan dinamika OMK saat
ini dengan jaman dulu, dan di dalam hati kecilnya yang bersangkutan ingin
melihat OMK bisa seperti Mudika jaman mereka dulu. Namun, kita juga perlu tahu
persis nih, apa perbedaan OMK sekarang dan OMK jaman dulu?
Lha kuwe, Nas, enyong be egin mikir
terus apa sih bedane. Selain Jawaban standar adalah OMK jaman dulu namanya
Mudika, sekarang namanya OMK.
Hallah pertanyaan gampang kaya
kuwe be mikirre repot nemen
Emangnya kowen ngerti
jawabanne, Nas
Ya ngerti lah, gampang nemen,
kebangetan yen belih ngerti, Lai.
Apa coba?
Apa perbedaan OMK sekarang dan
OMK jaman dulu? Jawabanne, OMK jaman dulu sekarang sudah
pada tua, OMK sekarang masih pada muda, he he he….
Sialan kau, Nas.
Tapi kaya kiye, Lai. Pesan yang
sebenarnya ingin disampaikan para penanya tadi apa sih? Enyong curiga mereka ingin melihat OMK yang dinamis
dalam berkegiatan, lalu membandingkannya dengan mudika era mereka dahulu yang
mereka klaim dinamis. Okelah, kalau diperpanjang urusan itu bisa panjang sih,
diperpendek juga bisa.
Pendeknya tentu ada banyak faktor
yang menyebabkan dinamika OMK saat ini berbeda dengan dinamika Mudika dulu.
Disebut berbeda bukan berarti tidak ada yang sama, tentu banyak yang sama; juga
bukan berarti saat ini kegiatan OMK lebih pasif dari jaman dulu; bisa jadi malah
ada beberapa OMK di suatu daerah yang
jauh lebih dinamis dibandingkan jaman ortunya dahulu jadi Mudika. Pendeknya
lagi, banding membandingkan dinamika OMK dan Mudika akan terasa asyik, tetapi
akankah itu membawa kita pada suatu perubahan nyata?
Ya ora mesti juga sih, Nas.
Ketonne pokok persoalanne adalah bagaimana membuat kegiatan yang mengasyikkan
dalam dinamika OMK kita?
Lha kuwe sing luwih efektif kita
kembangkan, Lai. Percuma yen cuma prihatin OMK kita kaya kiye kaya kuwe tapi
dari dalam diri sendiri ora ana niat untuk melakukan sesuatu.
Iya ya, yen Cuma maido alias
mengkritik ta, ora usah ditakonna akeh sing bisa. Tapi ikut ambil bagian
menjadi solusi kuwe sing sebenerre luwih asyik.
Trus saiki piben carane setelah
misalle OMK bisa ngumpul, mereka bisa belajar, beriman, dan berkembang bareng?
Nurutmu piben Nas?
Hmmm… yen dijawab secara teoritis
sih ketonne bisa-bisa bae, tapi piben yen nganggo contoh-contoh kegiatan bae,
Lai. Sapa ngerti bisa dikolaborasi nggo njawab tantangan tadi?
Nah, kuwe sing enyong seneng,
bener bener, kowen ceritakna bae program apa bae sing wis tau dilakukan terkait
pendampingan OMK, pasti lebih asyik, Nas.
Tunggu, tunggu, kok program sih.
Beda lho karo kegiatan, Lai.
Beda? Apa bedane program karo
kegiatan sih? Ketonne paba bae ka.
Apa sih beda antara program
dengan kegiatan? Benar-benar sesuatu yang beda atau jangan-jangan itu sama, hanya
penamaannya saja yang beda.
Coba Lai, kategorikan beberapa
hal di bawah ini:
1.
Pendalaman
iman OMK,
2.
Ziarah
OMK ke Gua Maria Cisantana,
3.
Peningkatan
kemampuan kepemimpinan OMK,
4.
Latihan
kepemimpinan OMK,
5.
Rekreasi
dan rujakan bareng,
6.
Mengakrabkan
anggota OMK,
7.
Mengembangkan
katolisitas/ pengetahuan iman Katolik.
Dari 7 hal di atas, mana yang
termasuk “Program” dan mana yang “Kegiatan”?
Wah, mbuh, bingung aku Nas.
Bagiku semuane pada bae, suatu kegiatan yang bermanfaat. Yen dikon mbedakna
endi sing program endi sing kegiatan ya kuwe mau, nurutku sih pada bae, sung.
Tak beri bocoran ya, yang
termasuk PROGRAM kuwe adalah nomor 3, 6,
dan 7. Sedangkan yang merupakan kegiatan atau AKTIVITAS adalah 1,2,4, dan 5.
Kok bisa ya?
Begini, “Program” itu sesuatu
yang lebih “besar” dari kegiatan/ aktivitas. Misalnya: suatu OMK paroki punya
program “Peningkatan kemampuan kepemimpinan OMK” maka untuk mencapai target
tersebut, salah satunya dilaksanakan “Latihan kepemimpinan OMK” salah duanya
misalnya menyelenggarakan workshop administrasi keorganisasian, salah tiganya
misalnya mengadakan pelatihan “Public Speaking” salah empatnya bla bla bla dan
seterusnya….
Oh, kaya kuwe ya, contoh liyane
apa?
Misalle, suatu OMK duwe program “Mengakrabkan anggota OMK” bisa
saja diterjemahkan dalam kegiatan: Rekreasi dan rujakan bareng, atau saling
kunjungan antar lingkungan.
Contoh terakhir kyeh; program
“Mengembangkan katolisitas/ pengetahuan iman Katolik” bisa saja diterjemahkan
dalam kegiatan/ aktivitas” Ziarah OMK ke Gua Maria Cisantana” atau” Pendalaman
iman OMK” atau kegiatan lainnya yang memang bertujuan untuk “Mengembangkan
katolisitas/ pengetahuan iman Katolik.”
Jadi, sudah lebih jelas sekarang
apa beda program dan kegiatan/ aktivitas?
Uwis Nas, sederhana tapi
mencerahkan.
Yen uwis, kita lanjutkan ke topik
berikutnya yang tadi tertunda.
Iya, wis ora sabar aku pengen
ndeleng contoh contoh program dan kegiatan sing bisa menganimasi OMK supaya
ngumpul, dolanan, sinau, beriman, dan berkembang bareng. Misalle kaya sing wis
mbok sebutna mau, tentang tugas dan tanggung jawab OMK, ana belih contone?
Ketonne sih ana, semoga enyong
egin nyimpen arsip kegiatannye ya.
Oke, rebees, eh, Bereeesss..
Ini kumulai dari games 5 pilar
Gereja/ Pancatugas Gereja. Yang kutulis ini adalah salinan dokumen saat enyong
fasilitasi, Lai.
Siiipp lah,
Tapi sadurunge enyong pan kasih
sedikit kuis nih, Lai.
Apa kuwe?
Kiye ana beberapa pernyataan,
coba beri pernyataan apakah pernyataan tersebut BENAR atau SALAH.
Oke… sapa takuuutt?
1.
Ada
dua pribadi yang berbeda dalam Kristus, satu manusia dan lainnya Ilahi._07726
2.
Manusia
adalah puncak penciptaan karena manusia diciptakan secitra dengan Allah._05615.
3.
Kita
dapat menjadi Kristen tanpa percaya pada kebangkitan
Kristus, asal berbuat baik dalam kehidupan ini. _10414
4.
Iman dan akal budi BERTENTANGAN karena iman merupakan wahyu Allah sedangkan akal budi atau
pengetahuan adalah buah pikiran manusia untuk melebihi wahyu Allah tersebut.
02324_
5.
Tidak semua hal bisa dilakukan oleh
Allah, buktinya adalah Ketidakberdayaan Allah pada saat Jumat Agung. 04026_
6. Makna
Perjanjian Baru sama dengan Perjanjian Lama, yakni menegaskan bahwa Allah
adalah pencipta dunia dan segala isinya; hanya kurun waktu penulisannya saja
yang membedakan. 01824_
7.
Syahadat merupakan rumusan iman
singkat yang memungkinkan semua orang beriman mampu mengungkapkan pernyataan
iman bersama. 02617_
8.
Mengapa kita percaya akan satu Allah?
karena menurut kesaksian Kitab Suci, hanya ada satu Allah, dan menurut hokum
logika, memang hanya bisa ada satu Allah. 03013_
9.
Ada
Syahadat Para Rasul, dan ada juga Pengakuan Iman dari
Nikea-Konstantinopel. Pengakuan Iman
dari Nikea-Konstantinopel ditulis oleh Santo Nikea dan disempurnakan oleh Santo
Konstantinopel. 02719_
10.
Iman yang tidak bisa dibagikan atau
tidak bisa dikomunikasikan kepada orang lain adalah sesuatu yang tidak masuk
akal. 02413_
11.
Karena begitu besar kasih Allah pada
manusia, maka Gereja menyetujui perbuatan homoseksual. 06519.
12.
Karena Yesus BERDOSA seperti halnya
manusia yang akan dilayani-Nya, maka dia minta dibaptis oleh Yohanes. _08719.
13.
Kata Yunani "Christos" dan
kata Ibrani "Mesias" menunjuk pada arti yang sama, yakni “Penebus
Dunia.” _07319
14.
TIDAK ADA bukti ilmiah untuk
kebangkitan Yesus. Namun, ada kesaksian kolektif yang sangat kuat dari sejumlah
besar orang pada zaman itu._10625.
15.
Keperawanan Maria diakui setelah Konsili Vatikan II, pada
jaman Gereja Perdana, keperawanan maria tidak diakui. _08118.
16. Makna Perjanjian Baru
sama dengan Perjanjian Lama, yakni menegaskan bahwa Allah adalah pencipta dunia
dan segala isinya; hanya kurun waktu penulisannya saja yang membedakan. 01824_..___
---selesai----
Tidak ada komentar:
Posting Komentar