Sabtu, 11 Januari 2014

ADA APA ANTARA SAMSON, SAMUEL, DAN OMK?

Dokumen ini merupakan salinan analisis/ komentar terhadap Model Pendampingan OMK/ PPA yang ditampilkan oleh  teman-teman OMK Dekenat Utara Keuskupan Purwokerto dalam acara Temu Mini OMK Dekenat Utara Keuskupan Purwokerto di Brebes, 4 Januari 2014. Salah satu anggota Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Palembang kebetuan terlibat sebagai Juri dan Narasumber Seminar "Kreativitas Pendampingan OMK/PPA" dalam momen tersebut.

Cerita selengkapnya bisa dimulai dari http://dinamikaomk.blogspot.com/2014/01/k-e-p-r-i-b-e-n.html

Mari kita langsung ikuti pembahasannya:


No tampil
:
3
Paroki
:
Paroki Gembala Yang Baik Limpung
Judul/ tema
:
Tugas & tanggung jawab OMK
Tujuan
:
1.       Menyadari tugas & tanggung jawab kaum muda dalam menggereja.
2.       Belajar dari Samuel yang taat pada panggilan Bapa 
Nilai-nilai
:
a.       Pengorbanan
b.      Kepedulian
c.       Ketaatan
d.      Kedisiplinan 
Katekese
:
 1 Sam: 3:2-11
Dinamika
:
“Suit Samson – Delilah –Macan”
Komentar
:
v  Tema relatif sederhana, walau bermakna tinggi, diturunkan dalam tujuan yang relatif sesuai. Hanya nilai-nilai yang ditawarkan mestinya bisa didukung melalui pilihan perikop kitab suci dan dinamika/permainan yang tepat.
v  Dinamika “Suit Samson – Delilah –Macan” sudah dimaknai bahwa ketika kelompok  menentukan pilihan, ada nilai-nilai yang bisa dihidupi (pengorbanan, peduli, taat dan disiplin) sehingga bisa kompak. Masih diperlukan pendekatan lagi untuk mengontekskan dengan tema “Tugas & tanggung jawab OMK”
v  Setelah kitab suci dibacakan, interaktif dengan menanyakan beberapa hal terkait isinya sudah bagus, sayang, pertanyaan tentang “Bagaimana pula tanggapanmu atas panggilan hidupmu sebagai orang muda katolik?” tidak ditanyakan, padahal  di modul sudah ada.
v  Cerita “Kisah Lilin yang kecil” sudah kontekstual dengan salah satu tema, yaitu “ketaatan”
v  Dalam pelaksanaan, para fasilitator sudah percaya diri membawakannya dalam waktu 25 menit dari rencana 30 menit.
v  Tahapan aktivitas sesuai modul awal sudah dilaksanakan secara lengkap.

Usul pengembangan
:
ü  Saat pelaksanaan dinamika, bisa dicoba setelah tiap kelompok berdiskusi, posisi untuk suit adalah tiap kelompok saling membelakangi, tetapi dengan posisi berjajar. Jika posisi satu kelompok berjajar kiri kanan, maka jika ada yang tidak kompak lebih mudah ketahuan.
ü  Secara umum sudah baik, hanya perlu narasi yang lebih mengaitkan antara Tema “Tugas & tanggung jawab OMK,” nilai-nilai yang ditawarkan, dinamika “Suit Samson – Delilah –Macan”, kisah Samuel sesuai perikop kitab suci, dan Cerita “Kisah Lilin yang kecil”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar