Sabtu, 11 Januari 2014

K E P R I B E N Bagian III




Ke temuan yuh…

Hayuh, Nas, saiki piben carane OMK bisa Beriman, Berkumpul, Belajar, dan Berkembang Bersama; sesuai tema temu mini 2014 ini?
Hmmm… yen aku sih memodifikasi tema kuwe dadi “Berkumpul, belajar, beriman, dan berkembang bareng” dadi ngumpul dhisist, trus sinau bareng dalam terang iman supaya bisa berkembang bareng-bareng. Tapi ora patiya prinsip sih kuwe.
Terserah kowen lah Nas, sing penting piben kuwe carane OMK bisa ngumpul, sinau, beriman lan berkembang bareng-bareng.
Kita molai saka ngumpul dhisist ya. Lai, donge OMK ngumpul-ngumpul kuwe tujuanne apa sih? Hayo apa coba?
Hmmm… ya kumpul-kumpul lah, Nas.
Iya kumpul kuwe mestine ana tujuan atau manfaate, yen laka, ngapain OMK pada kumpul-kumpul. Kira-kira tujuan atau manfaate apa ya?
Bisa jadi nggo bersosialisasi, trus aktualisasi diri, pengembangan, nyalurna hobi, pokokke macem-macem lah Nas, termasuk barangkali nggo usaha nggolet jodoh sing seiman.
Nah, yen wis ngerti ana tujuanne artine ana perkembangan. Yen seneng ngumpul tapi belih ngerti tujuanne ya ironis kuwe. Artine tujuan OMK ngumpul itu kita sepakat ana macem-macem ya, Lai.
Iya Nas. Tapi aku pernah krungu, bahkan sering mendengar keluhan betapa sulitnya ngumpulkan OMK untuk berkegiatan. Kowen duwe solusine?
Enyong pan cerita ya.
Seorang pendamping omk paroki pernah berujar pada saya, “Dulu untuk ngumpulkan 10 OMK saja” susah sekali, sekarang untuk membubarkan 10 OMK dari pastoran sulit sekali” Konteks pernyataan tersebut adalah ketika sekitar 2 tahun sebelumnya kondisi OMK kurang berkembang. Ada memang kepengurusannya, namun program tidak terlaksana dengan lancar. Tiap ada kegiatan, yang datang minim, padahal potensi OMKnya banyak. Beberapa pengurus dan penggeraknya pun agak tersendat-sendat dalam berkomunikasi; kalau bukan dikatakan kurang harmonis. Kondisi yang paling diprihatini adalah sedikitnya kuantitas/ jumlah omk yang terlibat ketika diadakan suatu acara bersama.
Tahun 2012, sang pendamping berinisiatif melaksanakan suatu latihan kepemimpinan bagi para pengurus dan aktivis OMK, di mana saya juga terlibat di dalamnya sebagai salah satu fasilitator. Latpim selama 3 hari 2 malam itu berlangsung seru. Tapi saya nggak akan cerita proses lengkapnya, selain panjang kisahnya, tema kita kali ini kahan bukan tentang latpim.
Ora crita ya ora apa-apa ka Nas
Singkat cerita, usai latpim yang bertujuan membuat kepengurusan lebih harmonis, OMK tersebut lalu berdinamika lagi di parokinya.
Beberapa bulan lalu saya ketemu lagi dengan sang pendamping OMK, nah pada saat itulah ungkapan “Dulu untuk ngumpulkan 10 OMK saja” susah sekali, sekarang untuk membubarkan 10 OMK dari pastoran sulit sekali” terlontar. Saat ini omk lebih dinamis dengan kepengurusan yang jauh lebih solid. Pertemuan-pertemuan pun dihadiri lebih banyak omk. Ketika sedang ngumpul merencanakan suatu kegiatan di sekretariat OMK, pengurus/ panitia justru susah untuk “dibubarkan” atau dipulangkan. Hadeeehhh…. Gimana ini?
Wah menarik nemen kuwe, berarti supaya OMK gampang ngumpul, mereka perlu dilatpim ndhisit kaya kuwe?
Ya ora kaya kuwe nemen sih persisse. Itu salah satu momen edukasi bae, Lai.
Dadi, piben dong solusine, Nas.
Uwong ngumpul kuwe sebenerre ana satu syarat bae, Lai. Kowen ngerti belih apa syaratte beberapa wong gelem ngumpul bareng?
Hmmm…. Apa ya syaratte. Apa syaratte karena ada keinginan untuk ngumpul ya Nas?
Bisa jadi, tapi kuwe dudu syarat sing mendasar. Sing luwih mendasar itu karena mereka punya kesamaan, dan kesamaan tersebut mendorong mereka untuk dengan sukarela ngumpul-ngumpul.
Contohe piben kuwe, Nas?
Misalle an rombongan wong sing numpaki sepeda onthel malem minggu pada kumpul, kongkow bareng neng alun-alun, terus konvoi keliling kota. Kira-kira mereka kuwe persamaane apa, Lai?
Pada-pada seneng karo sepeda onthel
Bener, pinter nemen sih kowen.
Trus contoh lain, ana konser Iwan Fals, kok akeh nemen sing pada ngumpul nonton konser kuwe; persamaanne apa?
Ya jelas lah mereka pada-pada pengen nonton konser iwan fals, kaya kuwe bae ditakonna Nas, Nas.
Lha justru dari hal sederhana kuwe Lai, persoalan OMK sing susah ngumpul bisa terurai.
Maksudde? OMK dikon nonton konser Iwan Fals ndisit, ben seneng kumpul, Nas?
Hadhuuhhh… kowen ketonne tambah error setelah jatuh kepleset tadi ya. Dudu kaya kuwe Lai. Maksudde, ben pada bisa ngumpul, OMK kudu duwe sesuatu sing dirasa dan dipikir sama. Kaya kuweeeee…. Mudheng?
Oh, mudheng enyong. Dengan kata lain OMK susah ngumpul kuwe karena merasa blm ada persamaan diantara mereka?
Lebih kurang kaya kuwe lah Lai. Makane solusine ya pertama nggawe beberapa persamaan diantara mereka ndhisit. Coba-kira-kira yen OMK neng suatu paroki persamaanne apa bae Lai?
Sing jelas ya sama-sama satu paroki. Trus usiane relatif sama, sekitar SMA apa kuliah. Persamaan liyane apa yaaa….
Itulah seni pendampingan Lai, kita bisa menganimasi persamaan pada OMK, selain yang tadi itu. Sing mau khan memang sudah pada dasarnya.
Sing liyane apa misalle, Nas?
Misalle, sama-sama pengen lebih mengembangkan potensine. Sama-sama pengin belajar tentang katolisitas. Sama-sama pengen menyalurkan hobine. Sama-sama pengen nduwe jaringan pertemanan sing sehat lan bermanfaat. Dan lain sebagainya, Lai. Jadi berbagai persamaan itu memang bisa dikondisikan.
Tapi nggo mengkondisikan kaya kuwe khan perlu trik maning, Nas.
Bener, perlu trik, makane kusebut bisa dikondisikan. Carane ya macem-macem sesuai kreativitas pengurus OMK, pendamping, atawa DPPne. Tapi ora usah dibahas neng kene ya, mengko kedawan-dawan.
Sing prinsip sih supaya OMK gelem ngumpul, coba ciptakanlah rasa persamaan akan suatu atau beberapa hal. Makin lekat rasa persamaan itu, kujamin nggo ngumpul makin gampang, percayalah.
Nah, trus tentang latpim tadi itu, piben konteks-e?
Salah sijine sama-sama pernah “menderita’ dalam latpim selama 3 hari 2 malam. Itu salah satu persamaan mereka, Lai. Itu di luar cerita konten latpimnya sendiri lho. Dengan persamaan itu ditambah konten materi latpimme sendiri, mudah-mudahan akan mempercepat OMK supaya lebih mudah untuk ngumpul.

Wah, sip deh. Enyong dadi duwe tips maning kyeh nggo mbantu pendamping ngumpulna OMK. Eh, enyong pernah dengar lho Nas orang tua yang dengan agak sinis menyangsikan, “Memang beda sih OMK jaman sekarang dengan Mudika jaman saya dulu. Dulu yang namanya Mudika itu , bla bla bla…… “Bisa panjang ceritanya kalo diteruskan
Kaya kuwe ya, Lai. Kemungkinan ungkapan itu muncul dari seseorang yang mencoba membandingkan dinamika OMK saat ini dengan jaman dulu, dan di dalam hati kecilnya yang bersangkutan ingin melihat OMK bisa seperti Mudika jaman mereka dulu. Namun, kita juga perlu tahu persis nih, apa perbedaan OMK sekarang dan OMK jaman dulu?
Lha kuwe, Nas, enyong be egin mikir terus apa sih bedane. Selain Jawaban standar adalah OMK jaman dulu namanya Mudika, sekarang namanya OMK.
Hallah pertanyaan gampang kaya kuwe be mikirre repot nemen
Emangnya kowen ngerti jawabanne, Nas
Ya ngerti lah, gampang nemen, kebangetan yen belih ngerti, Lai.
Apa coba?
Apa perbedaan OMK sekarang dan OMK jaman dulu? Jawabanne, OMK jaman dulu sekarang sudah pada tua, OMK sekarang masih pada muda, he he he….
Sialan kau, Nas.
Tapi kaya kiye, Lai. Pesan yang sebenarnya ingin disampaikan para penanya tadi apa sih? Enyong  curiga mereka ingin melihat OMK yang dinamis dalam berkegiatan, lalu membandingkannya dengan mudika era mereka dahulu yang mereka klaim dinamis. Okelah, kalau diperpanjang urusan itu bisa panjang sih, diperpendek juga bisa.
Pendeknya tentu ada banyak faktor yang menyebabkan dinamika OMK saat ini berbeda dengan dinamika Mudika dulu. Disebut berbeda bukan berarti tidak ada yang sama, tentu banyak yang sama; juga bukan berarti saat ini kegiatan OMK lebih pasif dari jaman dulu; bisa jadi malah ada beberapa  OMK di suatu daerah yang jauh lebih dinamis dibandingkan jaman ortunya dahulu jadi Mudika. Pendeknya lagi, banding membandingkan dinamika OMK dan Mudika akan terasa asyik, tetapi akankah itu membawa kita pada suatu perubahan nyata?
Ya ora mesti juga sih, Nas. Ketonne pokok persoalanne adalah bagaimana membuat kegiatan yang mengasyikkan dalam dinamika OMK kita?
Lha kuwe sing luwih efektif kita kembangkan, Lai. Percuma yen cuma prihatin OMK kita kaya kiye kaya kuwe tapi dari dalam diri sendiri ora ana niat untuk melakukan sesuatu.
Iya ya, yen Cuma maido alias mengkritik ta, ora usah ditakonna akeh sing bisa. Tapi ikut ambil bagian menjadi solusi kuwe sing sebenerre luwih asyik.
Trus saiki piben carane setelah misalle OMK bisa ngumpul, mereka bisa belajar, beriman, dan berkembang bareng? Nurutmu piben Nas?
Hmmm… yen dijawab secara teoritis sih ketonne bisa-bisa bae, tapi piben yen nganggo contoh-contoh kegiatan bae, Lai. Sapa ngerti bisa dikolaborasi nggo njawab tantangan tadi?
Nah, kuwe sing enyong seneng, bener bener, kowen ceritakna bae program apa bae sing wis tau dilakukan terkait pendampingan OMK, pasti lebih asyik, Nas.
Tunggu, tunggu, kok program sih. Beda lho karo kegiatan, Lai.
Beda? Apa bedane program karo kegiatan sih? Ketonne paba bae ka.
Apa sih beda antara program dengan kegiatan? Benar-benar sesuatu yang beda atau jangan-jangan itu sama, hanya penamaannya saja yang beda.
Coba Lai, kategorikan beberapa hal di bawah ini:
1.      Pendalaman iman OMK,
2.      Ziarah OMK ke Gua Maria Cisantana,
3.      Peningkatan kemampuan kepemimpinan OMK,
4.      Latihan kepemimpinan OMK,
5.      Rekreasi dan rujakan bareng,
6.      Mengakrabkan anggota OMK,
7.      Mengembangkan katolisitas/ pengetahuan iman Katolik.
Dari 7 hal di atas, mana yang termasuk “Program” dan mana yang “Kegiatan”?
Wah, mbuh, bingung aku Nas. Bagiku semuane pada bae, suatu kegiatan yang bermanfaat. Yen dikon mbedakna endi sing program endi sing kegiatan ya kuwe mau, nurutku sih pada bae, sung.
Tak beri bocoran ya, yang termasuk PROGRAM kuwe adalah nomor  3, 6, dan 7. Sedangkan yang merupakan kegiatan atau AKTIVITAS adalah 1,2,4, dan 5.
Kok bisa ya?
Begini, “Program” itu sesuatu yang lebih “besar” dari kegiatan/ aktivitas. Misalnya: suatu OMK paroki punya program “Peningkatan kemampuan kepemimpinan OMK” maka untuk mencapai target tersebut, salah satunya dilaksanakan “Latihan kepemimpinan OMK” salah duanya misalnya menyelenggarakan workshop administrasi keorganisasian, salah tiganya misalnya mengadakan pelatihan “Public Speaking” salah empatnya bla bla bla dan seterusnya….
Oh, kaya kuwe ya, contoh liyane apa?
Misalle, suatu OMK  duwe program “Mengakrabkan anggota OMK” bisa saja diterjemahkan dalam kegiatan: Rekreasi dan rujakan bareng, atau saling kunjungan antar lingkungan.
Contoh terakhir kyeh; program “Mengembangkan katolisitas/ pengetahuan iman Katolik” bisa saja diterjemahkan dalam kegiatan/ aktivitas” Ziarah OMK ke Gua Maria Cisantana” atau” Pendalaman iman OMK” atau kegiatan lainnya yang memang bertujuan untuk “Mengembangkan katolisitas/ pengetahuan iman Katolik.”
Jadi, sudah lebih jelas sekarang apa beda program dan kegiatan/ aktivitas?
Uwis Nas, sederhana tapi mencerahkan.
Yen uwis, kita lanjutkan ke topik berikutnya yang tadi tertunda.
Iya, wis ora sabar aku pengen ndeleng contoh contoh program dan kegiatan sing bisa menganimasi OMK supaya ngumpul, dolanan, sinau, beriman, dan berkembang bareng. Misalle kaya sing wis mbok sebutna mau, tentang tugas dan tanggung jawab OMK, ana belih contone?
Ketonne sih ana, semoga enyong egin nyimpen arsip kegiatannye ya.
Oke, rebees, eh, Bereeesss..
Ini kumulai dari games 5 pilar Gereja/ Pancatugas Gereja. Yang kutulis ini adalah salinan dokumen saat enyong fasilitasi, Lai.
Siiipp lah,
Tapi sadurunge enyong pan kasih sedikit kuis nih, Lai.
Apa kuwe?
Kiye ana beberapa pernyataan, coba beri pernyataan apakah pernyataan tersebut BENAR atau SALAH.
Oke… sapa takuuutt?

1.    Ada dua pribadi yang berbeda dalam Kristus, satu manusia dan lainnya Ilahi._07726
2.    Manusia adalah puncak penciptaan karena manusia diciptakan secitra dengan Allah._05615.
3.    Kita dapat menjadi Kristen tanpa percaya pada kebangkitan Kristus, asal berbuat baik dalam kehidupan ini. _10414
4.    Iman dan akal budi BERTENTANGAN  karena iman merupakan  wahyu Allah sedangkan akal budi atau pengetahuan adalah buah pikiran manusia untuk melebihi wahyu Allah tersebut. 02324_
5.    Tidak semua hal bisa dilakukan oleh Allah, buktinya adalah Ketidakberdayaan Allah pada saat Jumat Agung. 04026_
6.    Makna Perjanjian Baru sama dengan Perjanjian Lama, yakni menegaskan bahwa Allah adalah pencipta dunia dan segala isinya; hanya kurun waktu penulisannya saja yang membedakan. 01824_
7.    Syahadat merupakan rumusan iman singkat yang memungkinkan semua orang beriman mampu mengungkapkan pernyataan iman bersama. 02617_
8.    Mengapa kita percaya akan satu Allah? karena menurut kesaksian Kitab Suci, hanya ada satu Allah, dan menurut hokum logika, memang hanya bisa ada satu Allah. 03013_
9.    Ada Syahadat Para Rasul, dan ada juga Pengakuan Iman dari Nikea-Konstantinopel.  Pengakuan Iman dari Nikea-Konstantinopel ditulis oleh Santo Nikea dan disempurnakan oleh Santo Konstantinopel. 02719_
10.  Iman yang tidak bisa dibagikan atau tidak bisa dikomunikasikan kepada orang lain adalah sesuatu yang tidak masuk akal. 02413_
11.  Karena begitu besar kasih Allah pada manusia, maka Gereja menyetujui perbuatan homoseksual. 06519.
12.  Karena Yesus BERDOSA seperti halnya manusia yang akan dilayani-Nya, maka dia minta dibaptis oleh Yohanes. _08719.
13.  Kata Yunani "Christos" dan kata Ibrani "Mesias" menunjuk pada arti yang sama, yakni “Penebus Dunia.” _07319
14.  TIDAK ADA bukti ilmiah untuk kebangkitan Yesus. Namun, ada kesaksian kolektif yang sangat kuat dari sejumlah besar orang pada zaman itu._10625.
15.  Keperawanan  Maria diakui setelah Konsili Vatikan II, pada jaman Gereja Perdana, keperawanan maria tidak diakui. _08118. 
16. Makna Perjanjian Baru sama dengan Perjanjian Lama, yakni menegaskan bahwa Allah adalah pencipta dunia dan segala isinya; hanya kurun waktu penulisannya saja yang membedakan. 01824_..___

---selesai----



Tidak ada komentar:

Posting Komentar