Sabtu, 11 Januari 2014

KOMUNIKASI GOYANG PINGGUL

Dokumen ini merupakan salinan analisis/ komentar terhadap Model Pendampingan OMK/ PPA yang ditampilkan oleh  teman-teman OMK Dekenat Utara Keuskupan Purwokerto dalam acara Temu Mini OMK Dekenat Utara Keuskupan Purwokerto di Brebes, 4 Januari 2014. Salah satu anggota Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Palembang kebetuan terlibat sebagai Juri dan Narasumber Seminar "Kreativitas Pendampingan OMK/PPA" dalam momen tersebut.

Cerita selengkapnya bisa dimulai dari http://dinamikaomk.blogspot.com/2014/01/k-e-p-r-i-b-e-n.html

Mari kita langsung ikuti pembahasannya:



No tampil
:
4
Paroki
:
Paroki Santo Lukas Pemalang
Judul/ tema
:
Membangun komunikasi dalam kebersamaan
Tujuan
:
Melatih kepekaan dalam berkomunikasi satu sama Lain 
Nilai-nilai
:
-
Katekese
:
-
Dinamika
:
Tebak angka dengan gerakan tubuh
Komentar
:
v  Tema yang dipilih sederhana, namun berbobot, dengan tujuan yang juga sederhana dan sudah nyambung dengan tema. Hanya sayang unsur katekesenya belum ditampilkan secara jelas.
v  Dinamika yang dipilih sudah tepat memfasilitasi tema.
v  Dalam pelaksanaan para fasilitator sudah percaya diri dalam membawakannya, hanya sayang lagu pembukaan dan penutup acara seperti yang sudah ditulis dalam modul awal tidak dinyanyikan.
v  Dalam 24 menit waktu pelaksanaan dari rencana 30 menit, porsi untuk dinamika/ games terlalu banyak sehingga pemaknaannya belum maksimal.
v  Saat games, penjelasan permainan sudah baik, namun dalam pelaksanaan fasilitator tidak mengawasi para peserta secara seksama sehingga ada peserta yang mencontek/ menghitung gerakan kelompok lain, tetapi luput dari pengawasan.

Usul pengembangan
:
ü  Rangkaian yang sudah baik ini sebaiknya dilengkapi dengan unsur katekese yang bisa dihubungkan dengan perikop kitab suci.
ü  Teknis permainan bisa dilaksanakan dengan lebih rapi lagi dengan pemaknaan setelahnya.
ü  Masih perlu narasi yang menghubungkan tiap bagian kegiatan sehingga mnjadi tema yang bisa dimaknai secara mudah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar