Senin, 02 Maret 2015

Lomba Pendukung dalam KYD 2012 _15/17



Lomba Pendukung

Kami mengadakan 4 kegiatan pendukung, Lai. Yang pertama kuis kitab suci. Kegiatan TTS/Kuis Kitab Suci bertujuan mengasah dan mengembangkan pengetahuan umum kita akan kitab suci.

  • TTS/kuis dibuka pada waktu-waktu tertentu selama KYD berlangsung.
  • Lomba/kuis ini bersifat perorangan, terbuka bagi semua peserta KYD dan pengunjung pameran.
  • Pendaftaran lomba dapat dilakukan langsung saat KYD.

Teknisnya pembagian soalnya gimana?             
Kami memfotokopikan soal-soal kuis, lalu peserta mengisi lembar jawabannya. Nah, dari antara jawaban yang benar, kami undi 15 penjawab untuk mendapat hadiah. Simpel kok.
Soalnya tentang apa?
Yha tentang kitab suci lah. Namun yang tak kalah seru adalah persiapan kami melalui facebook. Masih ingat tentang bocoran soal untuk Gladi Rohani Cepat Tepat Katolisitas?
Masih
Nah, selama beberapa minggu kami gelontorkan berbagai soal yang kemungkinan akan jadi materi cepat tepat dan kuis saat KYD.
Oh gitu ya. Trus ada lomba apa lagi, Nas?

Yang kedua adalah Lomba Film KYD 2012

  • Lomba membuat Film KYD bertujuan mengasah, mengembangkan, dan mempraktikkan  pengetahuan dan kemampuan individu/kelompok dalam pembuatan film. Lomba juga bertujuan mendapatkan dokumentasi kegiatan KYD yang dibuat secara kreatif oleh OMK.
  • Isi film adalah proses pelaksanaan KYD 2012. Mencerminkan seluruh jenis kegiatan KYD, meliputi kegiatan Liturgi/Doa, Gladi Rohani, Gladi Jasmani, Seminar/Workshop, Pameran, Pentas Seni, dan kegiatan pendukung lain yang relevan
  • Durasi/panjang film bebas.
  •  Film boleh disisipi foto-foto KYD.
  • Selama lomba dalam KYD, peserta mendapat bimbingan/pelatihan berkala dari praktisi perfilman untuk meningkatkan kualitas film yang dibuatnya. Saat itu yang memberi materi adalah mas Ino Prabowo dan Mbak Agustina Cicit
  • Kriteria penilaian:
  •  Lomba  atas nama OMK Paroki.
  • Teknis pengiriman digital/file film:

  1.  File film dimuat adalam CD/DVD, kirim ke Koordinator lomba dengan alamat: Agustinus Susanta, Komplek Sukarame Indah Blok C6 No. 4 Palembang. Setelah itu konfirmasi melalui nomor telepon 0812ASDF697.
  2. File film dikirim ke email agustinussusanta@yahoo.com, setelah itu konfirmasi melalui nomor telepon 08127397697.

  • Batas akhir penerimaan materi lomba: Selasa, 10 Juli 2012.
  • Panitia menyediakan hadiah bagi 4 pemenang, berupa tambahan subsidi untuk mengikuti kegiatan IYD 2012 di Sanggau, Kalimantan Barat.

 
Pelatihan Fotografi dan Film Oleh Ino Prabowo dan Agustina Cicit

Wah asyik ya, trus berikutnya

Kedua, Lomba Album Foto KYD; tema “Sisi Lain KYD 2012”

  • Lomba membuat Album Foto KYD bertujuan mengasah, mengembangkan, dan mempraktikkan  pengetahuan dan kemampuan fotografi peserta. Lomba juga bertujuan mendapatkan dokumentasi kegiatan KYD yang dibuat secara kreatif oleh OMK.
  • Jumlah foto dalam 1 album adalah  12–24 buah, setiap foto diberi judul.
  • Materi yang difoto adalah kegiatan selama KYD 2012
  • Lomba  atas nama OMK Paroki.
  • Selama lomba dalam KYD, peserta akan mendapat bimbingan/pelatihan berkala dari praktisi fotografi untuk mendapatkan foto yang berkualitas.
  • Kriteria penilaian lomba:

  1. Mencerminkan seluruh jenis kegiatan KYD, meliputi kegiatan Liturgi/Doa, Gladi Rohani, Gladi Jasmani, Seminar/Workshop, Pameran, Pentas Seni, dan kegiatan lain yang relevan
  2. Kualitas foto.

  • Teknis pengiriman digital/file foto

  1. File foto dimuat adalam CD/DVD, kirim ke Koordinator lomba dengan alamat: Agustinus Susanta, Komplek sukarame Indah Blok C6 No. 4 Palembang. Setelah itu konfirmasi melalui nomor telepon 0812ASDF697.
  2. File foto dikirim ke email agustinussusanta@yahoo.com, setelah itu konfirmasi melalui nomor telepon 0812ASDF697.

  • Batas akhir penerimaan materi lomba: Selasa, 10 Juli 2012.
  • Panitia menyediakan hadiah bagi 4 pemenang, berupa tambahan subsidi untuk mengikuti kegiatan IYD 2012 di Sanggau, Kalimantan Barat.

Sip sip sip, nah lomba yang terakhir apa itu?

Lomba Karya Tulis KYD 2012
  1. Mencerminkan seluruh proses kegiatan KYD, meliputi kegiatan Liturgi/Doa, Gladi Rohani, Gladi Jasmani, Seminar/Workshop, Pameran, Pentas Seni, dan kegiatan lain yang relevan
  2. Memuat respon/tanggapan/komentar/kesan/kesaksian dari pelaku KYD, baik panitia maupun peserta
  3. Informatif
  4. Penggunaan bahasa yang tepat.
  • Teknis pengiriman tulisan: file tulisan dikirim ke email agustinussusanta@yahoo.com, setelah itu konfirmasi melalui no telp 0812ASDF697.
  • Batas akhir penerimaan materi lomba: Selasa, 10 Juli 2012.
  • Panitia menyediakan hadiah bagi 4 pemenang, berupa tambahan subsidi untuk mengikuti kegiatan IYD 2012 di Sanggau Kalimantan Barat.

Pelatihan Menulis bersama Bapak Heribertus Suharyanto
 Peserta yang ikut pelatihan banyak?
Dari seluruh paroki, sekitar 30% saja yang mengutus wakilnya untuk mengikuti training lomba pendukung tersebut. Walaupun untuk urusan kualitas, kami nggak main-main. Lai. Trainer penulisan saja kami datangkan khusus dari Jakarta yang memang seorang mantan wartawan dan kini jadi trainer, dan penulis hebat. Untuk workshop fotografi dan film kami bekerjasama dengan seorang profesional dan juga pihak Komisi Komunikasi Sosial KAPal untuk memberi pelatihan
Ooo gitu, trus  gimana teknis pelatihannya? Khan mereka juga pengen mengikuti acara lainnya juga?
Gini, tiap paroki khan hanya ngutus 3 orang untuk 3 jenis training. Trus mereka yang berminat itu artinya memang sudah tahu akan mendapat tambahan ilmu, jadi tentu sadar untuk sedikit berkorban tidak mengikuti semua acara KYD. Pelatihan kami adakan sehari 2 kali, pagi dan sore mengambil waktu makan pagi dan makan malam, paling-paling sekitar 30–60 menit tiap sesinya. Tapi sempat pula sih antara peserta pelatihan dan pelatihnya sepakat untuk berproses di luar waktu yang sudah ditetapkan, nggak masalah, kok. Oh yha untuk sesi fotografi dan film digabung karena kemiripan  karakter. Sedangkan yang penulisan tersendiri.
Itu tadi tentang pelatihannya, kalo hasilnya gimana tuh, berlimpahkah peminatnya?
Oooo berlimpah, Lai. Berlimpah keprihatinan.
Hah?
Dari 26 OMK Paroki, yang ngirim karya tulis hanya 6 tulisan dari 4 paroki. Yang ngirim album foto hanya 5 paroki, dan film .... hayo coba kau tebak berapa paroki?
3 peserta, Nas.
Satu, cuman satu Lai. Nah, memprihatinkan nggak?
Prihatin sih boleh, tapi harus tetap optimistis khan Nas.
Yap, kami tetap optimistis. Semoga momen ini dapat menjadi sarana pewartaan kegiatan OMK melalui jurnalistik populer oleh dan dari OMK sendiri.
Wah sayang ya,
Sayang disayang, Lai. Tetapi kami tetap optimis akan senantiasa menganimasi jurnalisme populer untuk mewartakan kegiatan-kegiatan OMK. Kalo nggak dimulai saat ini, kapan lagi, betul nggak, Lai?
Apa itu animasi, Nas? Sejenis nasi apa?
Nasi... sembarangan. Maksudnya tuh mengedukasi, mengajarkan, mengajak dan sebagainya.
 Oke oke... yang jelas apa yang kalian lakukan dengan lomba-lomba tentang sebuah kegiatan yang melibatkan banyak peserta itu sangat inspiratif, Nas. Hasil sampingannya kalian khan punya dokumentasi atas kegiatan tersebut...
He he he... itu efek sampingnya saja Lai.
Ada satu hal yang perlu kusampaikan tentang teknis pengiriman karya, Lai. Semoga bisa menjadi pelajaran baai teman-teman yang akan bikin sistem serupa.
Apa itu?
Beberapa peserta kesulitan mengirimkan file foto dan tulisan melalui email, mungkin karena tidak terbiasa berkirim email. Maklum, beberapa jauh dari pusat kota jadi koneksi internet juga angin-anginan. Maka kalo gitu kita harus proaktif kirim kabar, karya siapa saja yang sudah diterima. Nah kalo ada respon gitu, mereka yang merasa sudah ngirim tapi kok belum diterima bisa konfirmasi balik.
Dan itu yang terjadi dengan kalian?
Iya, sampai akhirnya kami undur batas pengumpulan karya supaya kendala teknis keinternetan bukan jadi faktor yang menggagalkan kesertaan dalam lomba pendukung tersebut.
Hoah, sederhana tapi rumit yach.
Agak rumit lah, tapi menyenangkan, Lai.
Keceriaan dan kreativitas peserta KYD 2012
Hmmm tentang acara, ada lagi nggak yang cukup penting untuk kau ceritakan padaku, Nas. Aku curiga kamu masih punya sesuatu yang belum diceritakan.
Ah, tentang ini, menurut kami sih sangat penting, nggak tahu kalo nurut bangsa kalian malaikat, Lai.
Oke deh, Nas. Masih ada lagi tentang konsep acara KYD, Nas?
Kayaknya sih sudah semua Lai, emang ada apa?
Kalo sudah selesai, aku mau tahu urusan yang lebih teknis, misalnya tentang pemukiman, makan, mandi, dan sejenisnya.
Oke silahkan saja, mau mulai dari mana?
Dari pemukiman saja. Kalo Dulu TAKM 2008 khan pake sistem Tenda, Rukun Tenda, sampai Kecamatan, nah kalo sekarang kalian khan tidur di kelas, sistem gimana yang kalian terapkan?

 

-------- berlanjut  ke edisi 16/17-------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar