Senin, 02 Maret 2015

Seminar dan Pelatihan dalam KYD 2012 _14/17



Seminar dan Pelatihan

Ada dong, kami mengadakan 5 buah seminar dan 3 pelatihan selama KYD  2012.
Hah? Serius Nas... masak sih setelah begitu banyak acara yang kalian buat, masih bisa bikin 4 seminar dan 3 pelatihan. Jangan main-main nih. Logikaku nggak masuk akal itu?
Itulah kamu, malaikat, pake logika manusia dong.
Maksudmu gimana, coba kamu jelaskan gimana cara menyeminarkan seribu orang lebih itu, 5 kali pula.
Itulah, kalo langsung berasumsi peserta seminar itu seribu orang. Bisa pening kepala mikirnya, Lai.
Jadi?
Giniiii... kami menjuduli kegiatan itu “Perwujudan Iman dalam Karya Nyata.” Hal itu merupakan pengejawantahan tema “Dewasa dalam Pengetahuan dan Tindakan.” Kegiatan ini merupakan penyampaian suatu pengetahuan/materi/kesaksian pada OMK. Semua peserta akan dibagi dalam 5 lokasi untuk mengikuti 1 materi saja. Sejak RTB, paroki sudah membagi rata peserta yang akan mengikuti materi yang mana.
Oooo gitu tho, trus apa saja materinya?

  1. OMK dan Entrepreneurship; materi pertemuan yang diharapkan menginspirasi OMK untuk menjadi entrepreneur beriman Katolik. Yang menyampaikan materi ini adalah Bapak Matheus Sunoto.
  2. OMK dan Teknologi Informasi; materi pertemuan yang diharapkan menginspirasi OMK untuk dapat menggunakan TI secara produktif, termasuk dalam katekese. Yang menyampaikan materi ini adalah Bapak Yoseph Handoko.
  3. OMK dan Politik; materi pertemuan yang diharapkan menginspirasi OMK untuk dapat melakukan pemetaan politik terhadap diri dan kelompoknya, untuk kemudian bisa memilih jenis keterlibatannya. Yang menyampaikan materi ini adalah Romo Guido Suprapto, Pr.
  4. OMK dan Lingkungan Hidup; materi pertemuan yang diharapkan menginspirasi OMK untuk dapat mengenali, menghargai, dan memanfaatkan lingkungan hidup secara tepat. Yang menyampaikan materi ini adalah Bapak Paulus Poniman.
  5. OMK dan IYD 2012; materi pertemuan yang membahas, memutuskan, dan menyepakati segala sesuatu persiapan IYD 2012 yang perlu dilakukan di tingkat basis, paroki, distrik, dekanat, maupun keuskupan. Yang menyampaikan materi ini adalah Romo Yohanes Dwiharsanto, Pr.


Wow wow wow... tunggu-tunggu, terus terang menurutku materi-materi itu dari judulnya menarik. Aku sih nggak pengen tahu isinya, karena gambarannya gitu-gitulah. Pertanyaannya, siapa yang menentukan segala materi itu?
Masih ingat tentang Muskada 2011, Lai?
Masih
Nah, di forum itulah kami menggali kira-kira hal-hal apa saja yang perlu diperdalam oleh OMK, dan dalam KYD perlu ditegaskan lagi. Diluar urusan IYD, ketemulah 4 hal tersebut. Keempat tema itu juga kami tuangkan dalam Pendalaman Iman, masih ingat juga khan?
Oh iya ya, benar sekali. Jadi artinya kalian tidak semena-mena menentukan tema-tema seminar itu?
Lha, tadi khan sudah kujelaskan.
Eh, iya ya... dan semuanya itu terjadi dengan sukses?
Sejauh kutahu sih semua berjalan lancar dengan peserta yang antusias menyimak. Hanya ada sedikit perubahan rencana. Romo Santo pada pagi hari ketiga menyampaikan materi termasuk didalamnya menyampaikan tentang IYD 2012 pada semua peserta lebih dahulu. Sebelum 4 seminar secara paralel dilaksanakan.
Berarti setelah sesi OMK dan IYD 2012 yang diikuti semua peserta, mereka baru berpencar ke 4 lokasi untuk mengikuti 4 seminar?
Benar sekali, Lai. Yang awalnya jadi peserta seminar OMK dan IYD 2012 bergabung masuk seminar OMK dan Entrepreneurship. 
Seminar OMK dan Politik

Seminar OMK dan Teknologi Informasi

Seminar OMK dan Lingkungan Hidup
 Horeee.... akhirnya jadi 4 deh. Terkuak sudah rahasia kalian, Nas.
Huh, lebay nian Kau. Sebenarnya ditambah dengan 1 pelatihan tentang penulisan, nanti lah kujelaskan kalo sudah masuk perbincangan tentang lomba pendukung.
Ada lagi lomba pendukung, terus ada lagi apa nanti, kayaknya nggak habis-habis kalian itu bikin acara, Nas. Apa nggak puyeng mengelolanya?
Hehehe.... kamu yang mendengar ceritanya saja puyeng, gitu maksudnya yha.... ayo ngaku sajalah..
Huh, sembarangan, bukan puyeng, Nas. Hanya takjub saja, aneh-aneh saja kalian bikin rangkaian acara.
Itulah, apa yang di mata malaikat aneh, di mata manusia belum tentu lho, apalagi manusia seperti kami ini.
Huh, berlebihan Kau. Ya ya ya.... kini tentang kegiatan pendukung, apa dia itu?

 

-------- berlanjut ke edisi 15/17 --------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar